Weekend Tiba! Saatnya Redakan Stres Dengan Olahraga

Headlines_

Written by:

Waktu akhir pekan segera tiba! Setelah di hari kerja kita dihadapi dengan sejumlah pekerjaan yang mungkin sebagian dari kita bisa berdampak pada stres, ini saatnya untuk kita berolahraga untuk meredakan stres. Asal kamu tahu, stres bisa berdampak buruk pada kesehatan lho. Penyakit serius macam penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga hipertensi menghantui pengidap stres. Untuk itu yuk mari berolahraga!

Olahraga merupakan stress fisik untuk tubuh

Ternyata olahraga merupakan bentuk ‘stres’ fisik yang baik untuk tubuh. Dengan kita membiasakan tubuh untuk melakukan olahraga, tubuh bakal beradaptasi dan terbiasa menghadapi stres fisik dengan baik. Dampaknya apa? Dengan rutin berolahraga, akan memicu perubahan dan kebiasaan tubuh untuk mengatasi dampak buruk akibat stres. Misalnya saja seperti risiko insomnia yang biasa muncul akibat stres, akan dapat langsung tertangani apabila kita rutin berolahraga. Begitu pula dengan risiko stres yang lain, daapt diminimalisir dengan rutin menggerakkan (olahraga) tubuh kita.

Menurunkan hormon depresan penyebab stres

Stres tentu berkaitan erat dengan hormon depresan yang muncul apabila kamu mengalami stres. hormon ini seketika mampu meningkatkan energi dan tekanan darah saat tubuh menerima tekanan. Namun, jika hormon ini diproduksi secara terus menerus akibat stres kronis, maka hormon ini akan justru berbalik menekan fungsi fisiologis yang sudah pasti akan mengganggu kesehatanmu. Sebagai respon untuk menahan hormon depresan, berbagai penelitian mengungkapkan, olahraga yang teratur dapat menekan produk hormon depresan secara signifikan. Dengan berolahraga, hormon depresan akan “ditukar” dengan hormon serotonin dan endorfin, atau yang biasa disebut dengan hormon bahagia. Dengan adanya peningkatan hormon tersebut, dapat membuat tubuh merasa rileks, tenang, dan bahagia.

Meningkatkan kepercayaan diri

Selain dampak fisik, stres juga bisa mengakibatkan turunnya kepercayaan pada diri. Pada kasus ini rendahnya percaya diri juga akan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti halnya gangguan pada kesehatan. Dalam berolahraga, aktivitas fisik yang membutuhkan banyak pergerakan pada beberapa bagian tubuh seperti olahraga beladiri misalnya dipandang cukup efektif untuk menimbulkan self-efficacy pada diri. Ketika percaya diri sudah terkumpul kembali, maka kamu akan dapat lebih yakin untuk menyelesaikan masalah yang ada dan berusaha mencari jalan keluar terhadap tekanan.

Olahraga seperti apa yang dapat menurunkan stress?

Sejatinya berbagai macam olahraga dapat membantu meredakan stres. Bahkan olahraga yang paling sederhana pun bisa membantumu meredakan stres yang sudah akut. Misalnya saja seperti olahraga jalan ringan, lari, sepeda, berenang, hingga yoga. Kamu bisa melakukan olahraga apa pun sesuai referensi dan kegemaran kamu, karena yang terpenting adalah rutinitas olahraga yang akan menentukan itu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *