Produk Skincare Kamu Mengandung 5 Bahan Ini? Awas Bisa Terkena Masalah Kulit

Headlines_

Written by:

Tak jarang setiap wanita di dunia pasti pernah mengalami masalah bruntusan (permukaan kasar dan berbintik) pada kulit wajah. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut, produk skincare jadi andalan. Tapi tahukah Anda, beberapa produk skincare yang biasa kita temui diketahui memiliki bahan baku yang sepertinya tidak cocok bagi beberapa jenis kulit tertentu. Apabila sudah terlanjur mengenakan, kelima bahan baku di bawah ini malah bisa semakin memperparah masalah di wajah.

1. Salicylic Acid

Kandungan ini biasa ditemukan pada produk cleanser dan moisturizer. Akan tetapi, bila penggunaannya tidak tepat dosis, salicylic acid malah justru bisa membuat wajah makin berjerawat, meradang, merah dan kering. Wah harus hati-hati ya.

2. Exfoliating Beads

Exfoliating Beads alias kandungan scrub memang kerap diandalkan untuk membersihkan kulit mati di wajah, tapi bahan ini bisa membuat peradangan di wajahmu makin parah. Alih-alih kulit wajah jadi bersih, exfoliating beads tidak baik untuk kulit wajah yang berjerawat.

3. Alkohol

Alkohol merupakan kandungan yang cukup umum ditemui dalam produk skincare, karena sifatnya yang mampu mempercepat proses pembersihan kulit. Namun jangan sangka, alkohol juga bisa membuat kulit wajahmu makin kering dan jadi bruntusan. Agar tak demikian, kamu bisa ganti produk skincare yang mengandung minyak atau sebum untuk melembabkan.

4. Paraben

Paraben sendiri terdiri dari methylparaben, propylparaben, butylparaben, dan ethylparaben yang seluruhnya biasa terkandung di dalam produk skincare maupun kosmetik yang telah mendapat izin. Meski begitu, kandungan paraben diketahui bisa mempengaruhi hormon esterogen sehingga dapat menyebabkan munculnya jerawat.

5. Minyak Kelapa

Coconut oil atau minyak kelapa merupakan salah satu bahan skincare yang sudah cukup dikenal akan manfaat baiknya. Tapi tak begitu juga, kenyataannya minyak kelapa juga punya manfaat negatif bagi beberapa jenis kulit. Minyak kelapa sejatinya mengandung minyak yang bisa membuat komedo muncul, kemudian menyumbat pori dan alhasil wajahmu jadi bruntusan, bahkan bisa berjerawat.

Harus lebih bijak lagi nih kalau ingin menggunakan skincare berbahan di atas. Apalagi jika kulit wajahmu termasuk kulit yang cukup sensitif.

 

Image courtesy of: Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *