Pentingnya Menggunakan Sunscreen Untuk Kesehatan Kulit Kita

BeautyHealthyLifestyle

Written by:

Bagi kita yang hidup di metropolitan, pastinya tak heran dengan udara panas ciri khas kota-kota besar. Untuk menjaga kesehatan kulit di tengah cuaca yang panas, kamu harus melakukannya dengan tepat. Salah satunya dengan mengenakan krim tabir surya atau biasa disebut dengan sunscreen. Tapi ada cara mainnya nih 😉

Pertama, yang perlu kamu perhatikan adalah lihat jumlah kandungan SPF pada sunscreen yang ingin kamu pakai. Bagi kita yang tinggal di negara tropis, sunscreen dengan SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Perlu kamu ketahui, sunscreen sebaiknya digunakan sekitar 15-30 menit sebelum kita beraktivitas di luar ruang. Hal ini tentu berguna untuk memaksimalkan cara kerja dari sunscreen. Resikonya jika kamu mengenakan sunscreen kurang dari rentang waktu tersebut adalah kulit tidak akan terlindungi secara maksimal dan akibatnya kulit mudah terbakar atau iritasi.

Sekiranya itu tadi manfaat utama sunscreen. Tapi tahukah noona kalau sunscreen juga punya manfaat penting lho, seperti misalnya bisa membantu mencegah berbagai masalah kronis pada kulit. Umumnya sebab masalah kronis pada kulit datang dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sebagai pelindung sunscreen menjadi penghalang UV untuk tidak terpapar langsung ke atas permukaan kulit.

Sinar UV sendiri bakal memberikan dampak buruk pada kulit jika terpapar secara langsung. Resiko yang paling berbahaya tentu resiko terkena kanker kulit. Namun sebelum itu terjadi kulit biasanya akan mengalami proses kerusakan secara bertahap seperti misalnya; kulit yang tampak lebih tua dari usianya, terdapat flek-flek hitam, kulit terasa kasar, dan lain sebagainya.

Perlu kamu waspadai pula jika bintik hitam mulai muncul di area tubuh yang terbuka seperti di wajah, kepala, tangan, dan bagian yang sering terpapar sinar matahari. Hal itu justru beresiko pada kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Lalu bagaimana dengan aktivitas di dalam ruangan? Apakah sunscreen masih tetap dibutuhkan? Secara teori, meski di dalam ruangan, bukan berarti kulit tidak bisa terkena matahari, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela.

Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Untuk itu, penggunaan sunscreen sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti kulit kasar, kerutan, flek hitam kulit terbakar, hingga komedo. Jadi mulai sekarang selalu kenakan sunscreen sebelum beraktivitas di manapun ya noona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *