Kulitmu Mendadak Bermasalah? Mungkin Karena Kurang Tidur

healthyLifestyle

Written by:

Salah satu kebiasaan buruk bagi kesehatan adalah kurangnya jam tidur. Selain memberikan dampak negatif pada organ dalam tubuh, kurang tidur juga bisa merusak kecantikan wajah. Alasannya satu, kurang tidur bisa mengakibatkan kurang optimalnya sel-sel yang beregenerasi yang seharusnya terjadi saat kita beristirahat (tidur). Artinya kurang tidur sama saja dengan membiarkan kesehatan kulit menjadi terganggu.

Gangguan tidur jelas harus segera diatasi sebelum menimbulkan berbagai masalah serius, terlebih pada penampilan kamu. Apa saja bahaya kurang tidur terhadap kulit? Simak akibatnya di bawah ini.

Menghilangkan nutrisi kulit

Waktu tidur adalah kesempatan bagi tubuh untuk menutrisi makanan bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit kita. Istirahat malam yang baik jelas dapat mengangkat sel-sel lama yang telah mati, dan digantikan dengan sel yang baru. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan kulit kita bukan?

pH kulit jadi tidak seimbang

Secara teori, ketika pH menurun kulit akan menjadi kusam dan tampak kering akibat tingkat kelembaban yang menurun. Jika sudah terlanjur demikian, masalah kulit akan datang seperti jerawat, iritasi, dehidrasi kulit, dan sebagainya. Tidurlah selama delapan jam agar kebutuhan kulit tercukupi saat tubuh beristirahat.

Timbulnya kantung mata

Kurangnya tidur dapat menimbulkan kantung mata yang jelas dapat merusak penampilan kamu. Untuk mengatasi hal tersebut, ambillah dua kantung teh celup. Rendam dan kompreskan pada wajah selama lima menit untuk mengurangi bengkak.

Muncul lingkaran hitam pada mata

Selain adanya kantung mata, kurang tidur juga bisa mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Hal itu diakibatkan oleh pembuluh darah yang melebar akibat kurangnya istirahat dan akhirnya menjadi lingkaran hitam di sekitar mata.

Resiko penuaan dini

Tak pelak dari sekian masalah kulit yang terjadi akibat kekurangan tidur bakal menyebabkan kulit tampak lebih tua dari usiamu yang sebenarnya. Bisa saja, ketika kamu di usia 20an, bisa tampil lebih tua layaknya di usia 40an akibat penuaan dini ini. Wah akan mengganggu sekali ya. Untuk itu yuk mulai sekarang perbaiki waktu tidurmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *