Bahan alami yang berbahaya untuk dijadikan Skincare

Beauty

Written by:

Skincare DIY masih menjadi tren saat ini untuk mendapatkan kulit yang cantik dengan menggunakan bahan alami. Hasilnya memang tak secepat menggunakan skincare berbahan kimia atau krim dari dokter ya, tapi menggunakan bahan alami tidak memnyebabkan ketergantungan dan aman bagi kulit. Tapi tidak semua bahan-bahan alami bisa dianggap aman sebagai skincare, lho! Untuk kamu yang sering membuat bahan racikan sendiri sebagai skincare alami, ternyata ada 4 bahan DIY Skincare yang sebaiknya kamu hindari.

Yuk simak satu per satu, noona.

1. Baking Soda

Bersifat exfoliation agent atau agen pengelupasan kulit. Sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat wajah tampak lebih cerah dan mengurangi komedo. Namun, ternyata baking soda adalah bahan kimia sintetis dengan nama kimia natrium bikarbonat yang mengandung pH lebih tinggi daripada pH alami kulit (4,7). Pemakaian baking soda bisa berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit dan kandungan basa yang tinggi bisa membuat kulit menjadi kering.

2. Lemon

Sifat lemon kebalikan dari baking soda, lemon memiliki pH yang sangat rendah. Kamu yang terbiasa menggunakan air perasan lemon untuk mencerahkan dan mengurangi minyak berlebih di wajah, sebaiknya jangan terlalu sering ya. Karena sifat asamnya bisa berpotensi iritasi dan merusak lipid barrier pada kulit sehingga kulit menjadi kering dan sensitif.

3. Pasta Gigi

Banyak yang menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat dengan cara mengoleskannya ke bagian wajah yang berjerawat. Eittsss, tapi bahan yang terkandung dalam pasta gigi seperti peroxide, baking soda, dan SLS malah membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Bagi sebagian yang telah mencobanya, pasta gigi ini malah meninggalkan bekas kehitaman pada wajah. Atau sebaiknya menggunakan obat khusus jerawat yang mengandung Benzoyl Peroxide untuk menghilangkan jerawat-jerawat bandel di wajahmu.

4. Gula

Gula yang sering dimanfaatkan sebagai scrub wajah untuk menghilangkan sel kulit mati ini ternyata tidak baik digunakan terlalu sering. Bentuk butirannya yang kasar bisa menyebabkan luka kecil pada wajah, iritasi dan bekas kemerahan setelah menggunakannya. Tapi, gula masih aman digunakan sebagai scrub bibir kok noona 🙂

5. Kayu Manis

Kayu manis dicampur dengan bahan lain seperti madu untuk dijadikan masker. Pernah ada suatu kasus, vlogger asal perancis yang merekomendasikan kayu manis sebagai masker wajah. Tapi kemudian ada beberapa subscriber-nya yang mengeluh mengalami reaksi negatif setelah mencobanya. Banyak di antara mereka yang wajahnya terasa terbakar, muncul bercak merah, dan bahkan bengkak. Berdasarkan penjelasan dokter, reaksi itu disebabkan karena adanya reaksi alergi pada wajah yang sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *