Tak Ingin Mengalami Penuaan Dini? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

healthyLifestyle

Written by:

Mengikuti perkembangan tubuh manusia, kulit juga bisa ikut menua seiring berjalannya waktu. Namun, jika penuaan kulit datang lebih cepat dibanding usia bisa jadi ada sesuatu yang salah atau faktor dari kebiasaan sehari-hari juga bisa jadi penyebabnya. Apa saja ya? Berikut ini ada 5 (lima) kebiasaan yang bisa jadi penyebab mempercepat datangnya penuaan pada kulit wajah.

1. Stres

Seperti yang dikutip dari jurnal Healthy and Natural World, stres bisa mendatangkan hormon kortisol dan adrenalin lebih cepat yang bisa memacu proses penuaan. Depresi yang berkepanjangan juga membuat regenerasi kulit terhambat. Hal ini terjadi karena depresi membuat sel yang hendak tumbuh justru berperilaku sebaliknya.

2. Konsumsi gula dan karbohidrat yang tidak terkontrol

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tak bergizi jelas berdampak buruk pada kulit. Apa lagi mengonsumsi kadar gula dan karbohidrat yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas. Segera perbanyak konsumsi protein serta nutrisi dari buah dan sayuran untuk membantu memperlambat penuaan kulit.

3. Gaya hidup merokok dan mengonsumsi alkohol

Banyak penelitian yang mengaitkan rokok dan minuman beralkohol adalah salah satu penyebab penuaan dini yang paling cepat dampaknya. Beberapa mengatakan, para perokok dan peminum umumnya bisa terkena bisa penuaan dini 10-15 tahun lebih cepat ketimbang mereka yang memiliki gaya hidup sehat.

4.  Terlalu sering terkena paparan matahari

Di satu sisi sinar matahari baik untuk tubuh, namun jika terlalu sering, sinar matahari bisa jadi penyebab utama penuaan pada kulit. Penelitian mencatat sekitar 70 persen proses penuaan kulit tergantung pada jumlah paparan sinar matahari ke kulit. Hal ini terjadi lantaran radiasi matahari mempercepat penghancuran kolagen melalui proses oksidasi.

5. Kurang tidur

Tak ada manfaat baik yang ditimbulkan akibat kamu kekurangan tidur. Selain berdampak buruk bagi organ dalam tubuh, kekurangan tidur juga bisa membuat pertumbuhan sel-sel kulit baru terhambat. Pasalnya, regenerasi kulit terjadi selama proses tidur. Selama tidur, hormon-hormon yang memicu pembaruan jaringan kulit muncul dan berkembang. Pada orang yang kurang tidur proses ini terjadi dan menyebabkan penuaan kulit terjadi lebih cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *